TIPS HIDUP BAIK – BAIK SAJA MESKI BEGADANG KESERINGAN



Merubah kebiasaan, bukanlah perkara mudah. Bagi saya terutama. Saya terbiasa dengan malam dengan mata yang selalu bertandang, telinga yang selalu menikmati bunyian alam dan tubuh yang tidak mau diam dalam ruang tidur senyaman apapun.  Kehidupan malam bagi saya adalah kehidupan yang penuh inspirasi dan fantasi yang membawa saya kepada dunia – dunia yang menghadirkan banyak karya.

Tidak normal, mungkin sebutan ini pantas,  Karena bagi mereka yang menyebut dirinya normal, malam adalah waktu untuk terlelap dalam nyamannya ruang tidur. saya tidak membantah itu, saya menghormati apapun pendapat mereka.

Menjadi minoritas selalu sulit, tapi bukan berarti saya menjadi orang yang memaksakan diri untuk  berubah. Ada trik tersendiri yang coba saya terapkan supaya tetap bisa menyatu dengan kehidupan normal mereka. Seperti  membuat slogan di buku catatan:

Tidur jam berapapun, Bangunnya harus jam 5 pagi
 Atau
Meski tidak tidur berhari – hari harus tetap terjaga di siang hari

slogan – slogan itu terus saya ingatkan kepada diri sendiri . kadang berhasil tapi sering gagal.

Sepenuhnya saya sudah mempelajari dan mengenal tubuh saya. Dia memiliki siklus tidurnya sendiri, bahkan siklus kelelahannya juga tersendiri, contoh yang pernah saya alami seperti ini. Mendaki gunung adalah kegiatan olahraga yang saya sukai dan lumayan sering saya lakukan, ketika  teman – teman saya langsung kelelahan sesaat setelah turun gunung,  Saya masih punya full energi dan baru akan merasa lelah setelah jeda dua hari.

Saya bisa tertidur sehari semalam tanpa terusik, dan bisa terjaga  2 x lipatnya waktu tidur. contoh : saya tertidur 1 x 24 jam dan imbasnya saya bisa tidak tidur 2 x 24 jam.  saat  seperti itu terjadi maka kegiatan hari – hari saya akan menjadi kacau – balau.

Menyadari itu, saya mencoba memodifikasi jadwal tidur dan mencari celah dimana siklus hidup saya yang berbeda dari kebanyakan tidak berdampak kepada kesehatan dan keseharian saya. caranya mudah!. Saya akan berbagi.

1.      Tandai waktu sholat dan pasang alarm. Sebagai muslim, waktu sholat adalah patokan. Saya harus terbangun di 5 waktu sholat. Otomatis  seberapa kuatpun keinginan tubuh saya untuk tidur, saya tidak akan tidur karena takut kepada Allah
2.      Sibukkan diri dengan hobi. Ya saya menyibukkan diri dengan melakukan hobi ketika disiang hari  ingin tidur. saya hobi menulis dan jalan – jalan. Ketika keinginan untuk tidur muncul, maka saya akan menulis supaya mata saya terjaga atau saya jalan – jalan ke mall atau keliling kota.  
3.      Perbanyak asupan nutrisi. Ketika tubuh saya kekurangan jam tidur saya imbangi dengan makan, makan harus memenuhi asupan nutrisi pokok. Karbohidrat, protein dan vitamin. Biasanya saya makan protein lebih banyak dibanding nutrisi lain.
4.      Cek kesehatan secara rutin dan lakukan donor darah. Kebiasaan begadang membuat kebanyakan orang kadang  mudah  terserang penyakit. Nah untuk itu saya secara rutin melakukan donor darah sekaligus cek kesehatan dan alhamdulillah selama ini saya baik – baik saja bahkan bisa melakukan donor darah ketika sudah jadwalnya.  (Minimal 6 bulan 1 kali baiknya 4 bulan 1 kali)

Nah, demikian tips berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri untuk kamu – kamu yang tidak bisa melawan kebiasaan begadang. Pokoknya jangan memaksa diri melakukan sesuatu yang bukan menjadi kebiasaannya. Modifikasi saja dan tetap berbahagia. Jika kamu masih gampang sakit karena begadang berarti kamu memang salah jalan. Mungkin saja kamu memaksakan diri untuk begadang sementara tubuh kamu adalah tubuh yang tidak biasa begadang.  

Oh iya, karena ini bulan Ramadan saya juga mau menulis bahwa ramadan adalah bulan yang paling membahagiakan  dan bulan yang mendukung banget kebiasaan para begadang lover. Bagaimana tidak, aktifitas di malam hari menjadi sangat banyak. Dari mulai sholat tarawih, tadarus dan bangun sahur. Menurut saya ramadan adalah pembagian waktu paling terbaik untuk manusia yang seharusnya dilakoni setiap bulan tidak hanya di bulan ramadan saja. 

Jadwal sarapan terbaik adalah antara jam 4 - 5 pagi (sahur)
Jadwal makan malam terbaik sekitar jam 18.00 – 19.00 (berbuka)

“Islam adalah agama dengan pedoman dan tauladan terbaik yang menyempurnakan kehidupan manusia”

Semangat berpuasa,
Semoga selalu berbahagia ketika berbuka
Selamat menikmati santapan sahur

___________sulas sky 06/06/17____________


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BATUSANGKAR KOTA PERADABAN

Kenapa menikah harus diatas 30 tahun

Legenda Siti Nurbaya Gunung Padang