25 MARET


Selain kelahiran Saya, Banyak kejadian lain yang terjadi hari ini, diantaranya adalah : 

Dimulainya 
Kekuasaan Dinasti Bourbon di Prancis

25 Maret tahun 1589, Raja Henry IV naik ke tampuk kekuasaan di Prancis mengawali pemerintahan dinasti Bourbon. Sebelumnya, silsilah keturunan Valois berkuasa di Prancis dari tahun 1328 hingga 1589. Setelah berkuasa selama 200 tahun, dinasti Bourbon harus rela menyerahkan kekuasaan kepada Napoleon Bonaparte. Raja Louise XVI yang merupakan penguasa terakhir Bourbon dihukum mati empat tahun setelah kemenangan revolusi Prancis.

Yunani Merdeka

25 Maret 1830, Yunani berhasil merebut kemerdekaannya dari imperium Ottoman. Selanjutnya, hari ini diseut sebagai hari nasional Yunani. Yunani merupakan salah satu pusat peradaban kuno. Seribu tahun sebelum kelahiran Al-Masih, Yunani telah memiliki tatanan kota dan negara yang rapi. Salah satu kota penting Yunani dalam sejarah adalah kota Athena dan Sparta. Namun pada tahun 338 sebelum masehi, Macedonia menguasai negeri ini. Satu abad kemudian, Yunani secara resmi menjadi bagian dari imperium Rumawi. 

Sejak tahun 1456 hingga empat abad kemudian, Yunani jatuh ke tangan imperium Ottoman. Berkat dukungan sejumlah negeri di Eropa antara lain Prancis, Rusia, dan Inggris, bangsa Yunani melakukan pemberontakan untuk memisahkan diri dari pemerintahan Ottoman yang berbasis di Turki. Pemberontakan itu membuahkan kemerdekaan bagi Yunani. Pada abad ke-19, negeri ini menjadi ajang peperangan antar negara dan perang saudara. Tahun 1973, dengan dihapuskannya sistem kerajaan di negara ini, bentrokan dan perang saudara di Yunani berakhir. Yunani termasuk negara Balkan dengan luas wilayah 132 ribu kilometer persegi. Negara ini bertetangga dengan Turki, Bulgaria, Albania dan Macedonia. 

MEE Berdiri

25 Maret 1957, para delegasi negara-negara Eropa menandatangani kesepakatan pembentukan organisasi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) di Roma. Dengan dibentuknya MEE, negara-negara Eropa mengikat kerjasama ekonomi yang lebih erat dengan menghapuskan tarif pajak serta memberikan kebebasan perdagangan, penanaman modal, dan pertukaran tenaga kerja antar negara anggota. MEE adalah langkah awal dari Uni Eropa yang dibentuk tahun 1992.

AS Tarik Pasukan dari Somalia

25 Maret 1994, AS terpaksa menarik pasukannya dari Somalia setelah menanggung kekalahan yang tak terduga. Setelah tumbangnya rezim Muhammad Siad Barrah, kesepakatan untuk membentuk sebuah pemerintahan koalisi di Somalia membentur jalan buntu yang kemudian berlanjut dengan pecahnya perang saudara. Desembar tahun 1992, untuk melindungi kepentingannya, AS mengirimkan pasukan ke negara itu sebagai bagian dari pasukan PBB. Namun tanpa diduga, pasukan AS mendapatkan perlawanan sengit dari orang-orang Somalia. Ratusan warga Somalia tewas, sementara tentara AS yang terbunuh berjumlah 100 orang. Melihat posisinya yang kian terjepit, AS memutuskan untuk mundur dari negara itu.
Sumber:  (http://komunitaspecintasejarah.blogspot.com/2013/03/peristiwa-yang-tercatat-dalam-sejarah)

804 - Prasasti Sukabumi dari Pare, Kediri, Jawa Timur, ditulis bertarikh 732 Saka, ekuivalen dengan tanggal 25 Maret 804 Masehi. Prasasti ini adalah permulaan sejarah bahasa Jawa dansastra Jawa.

1655 - Christiaan Huygens menemukan Titan, satelit alami terbesar planet Saturnus.
1957Jerman Barat, Belanda, Luxemburg, Italia, Perancis, dan Belgia menandatangani Persetujuan Roma, yang mendirikanKomunitas Ekonomi Eropa. 


1995 - Ward Cunningham menciptakan situs wiki pertama, Portland Pattern Repository.

2011 - Malam penganugerahan Panasonic Gobel Awards 2011, dilaksanakan di Jakarta

(Sumber:  wikipedia.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BATUSANGKAR KOTA PERADABAN

Kenapa menikah harus diatas 30 tahun

Legenda Siti Nurbaya Gunung Padang